Pembahasan Soal IPA untuk SMP 2015

Artikel ini merupakan pembahasan dari soal untuk SMP pelajaran ini

1.              Pembahasan:
Berdasarkan gambar jangka sorong pada soal, hasil pengukuran dapat diketahui sebagai berikut. Skala tetap yang berada di sebelah kiri angka nol skala nonius menunjukkan angka 4,6 cm. Skala nonius yang segaris lurus dengan skala tetap menunjukkan angka 1. Dengan demikian, hasil pengukuran diameter batang = 4,6 cm + 0,01 cm 4,61 cm.
Jawaban: B
2.              Pembahasan:
Air conditioner (AC) berfungsi sebagai alat untuk mendingin kan ruangan. Alat ini menghasilkan udara dengan suhu yang dapat diatur sesuai dengan yang diingifikan. Pada umumnya, suhu udara yang dihasilkan oleh AC ini diatur sehingga lebih rendah dibandingkan suhu udara di luar ruangan. Agar udara di dalam ruang terjadi sirkulasi/perputaran, AC dipasang di dinding bagian atas sebuah ruangan. Hal ini bertujuan agar udara yang keluar darl AC dapat turun, sedangkan udara di ruangan bagian bawah yang memiliki massa jenis lebih keeil naik. Perputaran udara dingin ini terjadi di seluruh bagian ruangan sehingga ruangan menjadi dingin.
Jawaban: B
3.             Pembahasan:
Pemasangan pilar jembatan diberi rongga terhadap badan jalan. Hal ini bertujuan untuk memberi ruang ketika pilar jembatan tersebut mengalami pemuaian, sehingga pilar pada saat memuai tidak melengkung.
Jawaban: B
4.             Pembahasan:
Lilin yang dibakar akan melebur/meleleh, sedangkan cairan lilin yang telah dingin akan membeku. Peristiwa pada lilin yang dibakar berkaitan dengan perubahan wujud melebur dan membeku.
Jawaban: C
5.              Pembahasan:
Semua benda yang semula diam akan tetap diam, dan semua benda yang semula bergerak akan tetap bergerak jika tidak ada resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut. Semua planet dalam tata surya kita yang semula bergerak akan terus bergerak jika tidak ada resultan gaya yang bekerja pada planet-planet tersebut. Hal ini sesuai dengan konsep Hukum I Newton.
Jawaban: C
6.      Pembahasan:
Diketahui                : F = 360 N; S = 3
Ditanya                   : W
Jawab                     : W = F.S = 360 N.3 m = 1080 J
Jawaban: C
7.      Pembahasan:
Gunting termasuk tuas jenis pertama karena memiliki titik tumpu di antara titik kuasa dan titik beban. Gerobak dorong roda satu tergolong tuas jenis kedua, karena beban berada di antara titik tumpu dan titik kuasa. Lengan tangan ketika mengangkat beban tergolong tuas jenis ketiga, karena kuasa berada di antara titik tumpu dan beban. Sedangkan alat pemecah biji termasuk tuas jenis kedua karena beban berada di antara titik tumpu dan kuasa.
Jawaban: A
8.      Pembahasan:
Diketahui                : m 48 kg ; g = 10 m/s2 ; w = m.g 48 kg. (10 m/s2) 480 N
                                A = 24 cm2 = 24. 10-4 m2 (untuk 4 kaki meja)
Ditanya                   : p (untuk 1 kaki meja)
Jawab:
  P =   =  =  = 20.104 N N/m2
Besar tekanan yang dialami oleh 1 kaki meja  x (20. 104 N/m2) = 5. 104 N/m2
Jawaban: A
9.      Pembahasan:
.   
Periode getaran adalah waktu yang diperlukan oleh suatu benda untuk melakukan satu kali getaran. Pada gambar di soal, yang dimaksud satu getaran adalah gerak dari A-O-B-O-A. Gerak A-B membentuk lintasan A-O-B (disebut setengah getaran) dan membutuhkan waktu 1 sekon. Dengan demikian maka untuk menempuh lintasan 1 getaran (A-O-B-O-A) diperlukan waktu selama 2 sekon.
Jawaban: D
10.    Pembahasan:
Getaran ultrasonik dapat dimanfaatkan untuk mengukur kedalaman laut, untuk mengukur panjang terowongan gua, dan untuk mendeteksi keadaan janin dalam kandungan. Getaran ultrasonik tidak dapat digunakan untuk mengukur kecepatan cahaya.
Jawaban: C
11.    Pembahasan:
Diketahui                 : So = 6 cm ; R = 24 cm sehingga f = ½ (24 cm)  = 12 m
Ditanya                    : Si
Jawab:
 =  
 =  
   =

Si = - 12 cm
Tanda negatif (-) pada pembahasan di atas menunjukkan bahwa bayangan terletak di belakang cermin cekung. Jadi bayangan terbentuk 12 cm di belakang cermin cekung.
Jawaban: A
12.    Pembahasan:
Batang kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan listrik positif. Hal Ini terjadi karena sebagian elektron pada batang kaca berpindah ke kain sutera sehingga batang kaca bermuatan positif.
Jawaban: B
13.       Pembahasan:
Diketahui                : I = 2A ; R1=R2= 6 Ω ; R3 = 12 Ω
Ditanya                    : E
Jawab :
             R1 dan R2 Dirangkai seri sehingga hambatan penggantinya :
             Rs=R1 + R2 = 6 Ω + 6 Ω = 12 Ω
             Rs dan R3 Dirangkai pararel sehingga hambatan penggatinya :
             =  +
          = +  =  =
             Rp = 6 Ω
             Rp = Rtotal = 6 Ω
             Ep = I. Rtotal
             = 2A (6 Ω)
             =12 V
Jawaban: B
14.    Pembahasan:
         Diketahui                : R = 60 Ω ; I = 500 mA = 0,5 A
Ditanya                    : P
Jawab :
P = I2.R
             (0,5 A)2.600 Ω = 0,25 A2.600 Ω = 150 W
Jawaban: A
15.       Pembahasan:
Batang besi dan batang baja dapat dibuat magnet dengan cara menggosok bahan-bahan tersebut dengan menggunakan magnet batang. Ujung batang besi atau baja yang terakhir terkena gosokan magnet batang membentuk kutub yang berlawanan jenis dengan kutub magnet batang yang digunakan untuk menggosoknya. Pada gambar sebelah kiri, ujung batang baja yang terakhir terkena gosokan magnet adalah ujung sebelah kiri (ujung A) sehingga ujung A membentuk kutub utara (U), dengan demikian maka ujung B membentuk kutub selatan (S). Pada gambar sebelah kanan, ujung batang besi yang terakhir terkena gosokan magnet adalah ujung sebelah kanan (ujung D) sehingga ujung D membentuk kutub selatan (S), dengan demikian maka ujung C membentuk kutub utara (U).
Jawaban: C
16.    Pembahasan:
Jika jumlah kumparan primer diperbanyak, tegangan pada kumparan primer bertambah besar, dan kuat arus listrik pada kumparan primer menjadi lebih kecil dibandingkan dengan kuat arus listrik sebelumnya.
Jawaban: C
17.    Pembahasan:
Terbentuknya berbagai macam fase Bulan disebabkan oleh adanya revolusi Bulan ketika mengelilingi Bumi.
Jawaban: A
18.    Pembahasan:
Unsur  Ni memiliki jumlah proton sebanyak 28 dan jumlah elektron sebanyak 28. Sedangkan jumlah neutronnya sama dengan = 59 - 28  = 31
Jawaban: B
19.    Pembahasan:
Magnet memiliki sifat antara Iain dapat menarik benda-benda logam seperti besi dan baja. Paku pada umumnya terbuat dari bahan besi atau baja. Jika sebuah magnet didekatkan pada paku yang berada di dalam pipa, maka paku-paku tersebut akan tertarik oleh magnet sehingga dapat diangkat ke atas.
Jawaban: B
20.    Pembahasan:
Es di dalam gelas beker jika terus dipanaskan akan melebur atau mencair menjadi air. Pada peristiwa ini terjadi perubahan wujud dari padat menjadi cair.
Jawaban: A
21.    Pembahasan:
Efek negatifpenggunaan sampo antara lain rambut rontok, warnanya kusam, dan kulit kepala gatal.
Jawaban: D
22.    Pembahasan:
Seorang perokok dapat mengalami dampak negatif dari rokok antara lain mengidap kanker paru-paru, penyakit jantung, dan batuk-batuk. Sedangkan hilang kesadaran merupakan dampak negatif dari minuman keras.
Jawaban: C
23.    Pembahasan:
Pohon pisang pada gambar di soal memiliki tunas. Hal ini menunjukkan bahwa pohon pisang tersebut berkembang biak.
Jawaban: B
24.    Pembahasan:
Ciri-ciri tumbuhan monokotil antara Iain mahkota bunga kelipatan 3 dan sistem perakarannya akar serabut. Sedangkan daun menjari dan bertulang seperti jala serta embrio pada biji memiliki dua kotiledon merupakan ciri-ciri tumbuhan dikotil.
Jawaban: A
25.    Pembahasan:
Hubungan antara tali putri dengan beluntas termasuk simbiosis parasitisme. Hubungan antara kupu-kupu dengan bunga termasuk simbiosis mutualisme. Hubungan antara anggrek dengan pohon termasuk simbiosis komensalisme. Hubungan antara ikan hiu dengan ikari remora tergolong simbiosis komensalisme.
Jawaban: A
26.    Pembahasan:
Efek rumah kaca terjadi karena banyaknya gas rumah kaca di atmosfer, antara lain C02. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan memperbanyak jumlah tumbuhan. Tumbuhan akan menyerap CO untuk melakukan proses fotosintesis dan mengubahnya menjadi karbohidrat dan oksigen. Dengan demikian kadar C02 di atmosfer akan berkurang sehingga mengurangi efek rumah kaca.
Jawaban: B
27.    Pembahasan:
Peningkatan jumlah penduduk di pedesaan dapat menimbulkan peningkatan pengangguran, lahan pertanian menyempit, dan menyebabkan perpindahan masyarakat desa ke kota (urbanisasi).
Jawaban: A
28.       Pembahasan:
Nomor I menunjukkan aorta, yang membawa darah kaya oksigen keluar dari bilik kiri jantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Nomor 2 menunjukkan serambi kiri yang menerima darah kaya oksigen dari pembuluh balik paru-paru. Nomor 3 menunjukkan serambi kanan yang menerima darah yang berasal dari seluruh tubuh yang kaya karbon dioksida. Nomor 4 menunjukkan bilik kiri yang berisi darah yang banyak mengandung oksigen.
Jawaban: D
29.    Pembahasan:
Pencernaan makanan secara kimiawi dengan bantuan enzim ptialin terjadi di mulut (pada gambar ditunjukkan oleh nomor l).
Jawaban: A
30.    Pembahasan:
Pernapasan ada dua jenis, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Pernapasan dada dan pernapasan perut terdiri atas dua proses, yaitu proses inspirasi, dan proses ekspirasi. Pada pernapasan dada, inspirasi terjadi jika otot antartulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk terangkat ke atas, volume dada membesar, tekanan udara ruang dada mengecil, dan udara masuk ke dalam paru- paru.
Pada pernapasan dada, ekspirasi terjadi jika otot antartulang rusuk relaksasi, tulang rusuk kembali normal, volume dada mengecil, tekanan udara ruang dada membesar, dan udara keluar dari paru-paru. Pada pernapasan perut, inspirasi terjadijika otot diafragma berkontraksi, diafragma perut mendatar, volume dada membesar, tekanan udara ruang dada mengecil, dan udara masuk ke dalam paru-paru. Pada pernapasan perut, ekspirasi terjadi jika otot diafragma relaksasi, diafragma perut normal, volume dada mengecil, tekanan udara ruang dada membesar, dan udara keluar dari paru-paru.
Jawaban: C
31.     Pembahasan:
Tulang selangka, tulang betis, dan tulang paha berbentuk pipa, sedangkan tulang belikat berbentuk pipih.
Jawaban: B
32.     Pembahasan:
Plasma darah disaring oleh glomerulus yang terdapat di dalam badan malphigi.
Jawaban: C
33.     Pembahasan:
Otak kecil merupakan pusat koordinasi kerja otot dan keseimbangan tubuh. Sumsum lanjutan merupakan pusat pernapasan dan pengaturan denyut jantung. Otak besar merupakan pusat kesadaran, kemauan, dan ingatan. Sumsum tulang belakang merupakan pusat gerak refleks.
Jawaban: C
34.     Pembahasan:
Fotosintesis terjadi pada bagian daun tumbuhan yang disebut kloroplas.
Jawaban: D
35.    Pembahasan:
Mekarnya bunga tulip pada saat musim semi termasuk gerak termonasti, yaitu gerak tumbuhan yang disebabkail rangsangan suhu; arah geraknya tidak dipengaruhi arah datangnya rangsang. Tropisme adalah gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Kemotropisme disebabkan oleh rangsang bahan kimia; tigmotropisme disebabkan oleh rangsang sentuhan; hidrotropisme disebabkan oleh rangsang ketersediaan air tanah.
Jawaban: C
36.    Pembahasan:
Berdasarkan gambar pada soal dapat dijelaskan sebagai berikut.
Langkah nomor 1: memasukkan potongan daun ke air panas untuk mematikan sel-sel daun
Langkah nomor 2: memasukkan daun ke alkohol yang dipanaskan di air mendidih untuk melarutkan
Langkah nomor 3: daun ditetesi dengan larutan iodin untuk menguji adanya amilum;
perubahan warna daun menjadi biru hitam menunjukkan kandungan amilum.
Jawaban: B
37.    Pembahasan:
         Pertumbuhan tumbuhan paku dapat dinyatakaan sengan skema sebagai berikut
Jawaban: C
38.    Pembahasan:
ertahanan diri hewan dapat dilakukan sebagai berikut:
-          Mengubah warna tubuh sesuai lingkungannya sehingga sulit dikenali oleh musuh, misalnya dilakukan oleh bunglon
-          Menggulung tubuh, misalnya dilakukan oleh kaki seribu dan trenggiling
-          Memutuskan ekor, misalnya dilakukan oleh cicak. Setelah putus, potongan ekor akan tetap bergerak selama beberapa waktu sehingga musuh akan terkecoh menangkap potongan ekor tersebut, sedangkan cicak melarikan diri.
Jawaban: D
39.       Pembahasan:
MM = buah manis; Mm = buah manis; mm = buah masam
Perbandingan genotipe : MM : Mm : mm = 1 : 2 : 1
Perbandingan fenotipe : Manis : masam 3 : 1
Jawaban: D
40.       Pembahasan:
-          Fertilisasi atau pembuahan adalah pertemuan sel telur dan sperma.
-          Vaksinasi adalah pemberian vaksin yang bertujuan untuk mencegah ternak terjangkit penyakit.
-          Inseminasi adalah pembuahan buatan dengan memasukkan sperma dari pejantan ke hewan betina. Hal ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan bibit unggul tanpa menghadirkan pejantan, misalnya untuk mendapatkan sapi unggul penghasil daging atau penghasil susu.
Jawaban: C

Demikian artikel tentang pembahasan dan jawaban dari soal -  soal mata pelajaran IPA untuk SMP, mudah-mudahan menjadi manfaat bagi kita khususnya bagi yang membutuhkannya,. Umumnya bagi yang membaca artikel ini

Kurang dan lebihnya saya mohon maaf, 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »